Senin, 18 Maret 2013

Wisata Kuliner Pulau Buton

Pulau Buton memiliki banyak wisata kuliner, antara lain :

1. Kasuami

Kasoami makanan ciri khas Pulau Buton Bau Bau Sulawesi Tenggara yang berbahan Singkong/ubi kayu


( Gambar Makanan Kasuami )

   Cara membuat
  • Kupas singkong/ubi kayu lalu dicuci sampai bersih .
  • parut kasar singkong tersebut setelah dicuci bersih.
  • Bungkus hasil parutan singkong tadi dengan plastik berlubang kasar agar mudah keluar airnya    .ketika diperas atau dijepit dengan alat penjepit.
  • Setelah diperas bungkusan singkong kemudian diremas hingga menjadi tepung dan diberi garam   sedikit .
  • Masak kukusan hingga panas kemudian masukan tepung ubi kayu atau singkong tadi kedalam   kukusan hingga masak.

2. Onde-Onde

One-onde yang terbuat dari beras ketan ,gula merah ,kelapa parut,garam secukupnya dan air


( Gambar Makanan Onde-onde )
 Cara membuatnya
  • Tepung beras ketan,garam.air dicampur rata hingga tidak melengket.Kemudian ambil adonan yang sudah dicampur ,dipilihkan lalu di isi gula merah dan dibulatkan.
  • Didihkan air,lalu masukan adonan yang sudah dibulatkan satu persatu setelah mengembang angkat dan digulingkan diatas kelapa parut.selamat mencobanya

3. Kabuto

( Gambar Makanan Kabuto )

KABUTO adalah makanan khas Masyarakat Muna dan Buton Kepulauan di Sulawesi Tenggara yang tergolong unik. Dikatakan unik lantaran bahan dasar menu makanan yang mirip bahasa jepang itu adalah ubi kayu atau singkong yang telah dikeringkan dan dibiarkan berjamur. Semakin lama disimpan dalam keadaan kering maka akan makin enak rasa dan aroma makanan ini kala disantap. Apalagi bila dicampur kelapa parut dan ditambah menu ikan asin goreng sebagai lauknya.. tambah mantap. Cara menyiapkan makanan inipun tergolong sangat praktis dan simpel. Singkong yang telah kering tadi dipotong-potong dan beri air secukupnya lalu dimasak sampai benar-benar matang selama kira-kira satu jam. Sambil menunggu sang Kabuto benar-benar masak, kita bisa menyiapkan kelapa parut sebagai campuran utamanya. Bisa juga dengan menyiapkan ikan asin goreng sebagai pendamping atau lauk untuk makanan khas masyarakat Muna-Buton ini.
Dilihat dari kandungan gizinya, Kabuto termasuk makanan yang kandungan gizinya kurang. Hal ini disebabkan karena singkong kering memang bernilai gizi rendah. Menu khas ini masih kita jumpai di desa-desa nelayan pesisir pantai Sulawesi Tenggara. Bisa jadi masyarakat masih mempertahankan makanan ini karena harganya yang tergolong sangat murah dan membuatnyapun sangat mudah

4. Kambewe Si manis dari Pulau Buton

( Gambar Makanan Kambewe )

Kambewe adalah salah satu jajanan khas pulau Buton,yang bahanya sangat sederhana,yaitu terbuat dari jagung yang baru di panen,dan gula merah.Dulu,ketika waktu panen jagung tiba,masyarakt buton hanya membuat jagung rebus atau dalam bahasa setempat lebih di kenal dengan nama “Kambuse” yaitu jagung yang sudah tua yang sebelum di rebus, terlebih dahulu di rendam dalam dalam air kapur, dan di rebus bersama sedikit garam, tapi bukan itu yang saya ingin bahas di sini.Jadi masyarakat buton berpikir untuk membuat sesuatu yang lain,agar hasil panen jagung yang melimpah tidak hanya di buat menjadi jagung rebus,kambuse atau dibiarkan menua untuk di jual.Jadilah mereka menggabungkan jagung dan gula merah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar